PRAKTIKUM

PROGRAM GANJIL GENAP

A. TUJUAN 
  • Mampu memahami suatu masalah dan mencari solusinya serta menuangkannya dalam bentuk algoritma 
  • Megenal dan memahami simbol - simbol pada flwchart
  • Mampu membuat flowchat
  • Mampu menganalisa masalah dan menerjemahkannya dalam bentuk flowchart
  • Mampu membaca flowchart dan menerjemahkannya dalam bentuk komputer
B. TEORI DASAR




Pengertian

Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung.
Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Jika ada penambahan proses maka dapat dilakukan lebih mudah. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahsa pemrograman.


Simbol - simbol
Flowchart disusun dengan simbol-simbol. Simbol ini dipakai sebagai alat bantu menggambarkan proses di dalam program.


Kaidah - kaidah
Dalam pembuatan flowchart tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.
Namun secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu;
• Input berupa bahan mentah
• Proses pengolahan
• Output berupa bahan jadi.


Untuk pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu;


  • START: berisi instruksi untuk persiapan perlatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan masalah.
  • READ: berisi instruksi untuk membaca data dari suatu peralatan input.
  • PROCESS: berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca.
  • WRITE: berisi instruksi untuk merekam hasil kegiatan ke perlatan output.
  • END: mengakhiri kegiatan pengolahan
3. ALAT DAN BAHAN
  • Komputer
  • Aplikasi
4. LANGKAH KERJA 

  • 1. File → New Project
  • 2. pada Categories pilih Java , Pada Projects Pilih java application, kemudian klik next
  • 3. pada form name and Location beri nama project Name : “HelloWorld” kemudian klik finish
  • 4. nah project sudah jadi dan file HelloWorld.java sudah otomatis dibuat.
  • 5. pada
  • public static void main(String[] args) {
  • // TODO code application logic here
  • }

  • masukan kode java dibagian “ // TODO code application logic here”

  • menjadi seperti ini :

  • public static void main(String[] args) {
  • // TODO code application logic here
  • System.out.println("Hello World");}


5. HASL
6. KESIMPULAN 
    Java application memiliki banyak fungsi sehingga mempermudak aktivitas manusia. Salah satu fungsinya yaitu membaca dan memahami simbol - simbol di flowchart.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM DASAR KOMPUTER